Kampung Anggur Ninel di Bantul yang Sukses Menarik Wisatawan

Tidak perlu ke luar negeri untuk menikmati kebun anggur. Di Desa Plumbungan, Sumbermulya, Bambanglipura, Bantul ini kita bisa menikmati kebun anggur dan bisa dipetik langsung. Warga sekitar mengubah kampung mereka jadi kampung anggur, tiap hari mereka bisa panen anggur. 

Awalnya desa mereka adalah desa biasa, namun setelah berhasil mengembangkan perkebunan anggur ini, desa mereka menjelma jadi kampung wisata yang ramai dikunjungi wisatawan dalam dan luar negeri. Dengan adanya kampung anggur ini bisa meningkatkan ekonomi warga dan tentunya jadi kampung wisata yang terkenal.

Saat ini warga juga sudah makin enjoy dan terampil menjadi tuan rumah bagi para pengunjung. PKK di Plumbungan adalah penggerak utama inisiatif ini. Awalnya masyarakat diberi 100 bibit dan hanya berhasil 60 saja, namun terus membaik dan akhirnya seluruh warga diajak menanam di lahannya masing-masing.

Pohon anggur jenis Ninel masih langka sehingga hasilnya bisa bernilai ekonomi tinggi. Anggur juga bisa menjadi tanaman pelindung yang membuat lingkungan menjadi teduh. Jika perawatan dan pemupukan rutin, dalam 1 tahun sudah bisa berbuah.

Ikuti video inspiratif dari Cap Capung berikut ini. Siapa tahu Anda pun dapat menjadi petani anggur sukses.


Bagi Anda yang ingin datang langsung, berikut kami sertakan peta di Google Maps dari Desa Plumbungan.

Posting Komentar

0 Komentar