Sudahkan Kekayaan Laut Indonesia Dimanfaatkan Optimal?

Sejak kecil, anak Indonesia sudah paham bahwa negeri kita tercinta ini sangat kaya kekayaan lautnya. Mereka juga tahu bahwa negara kita lebih luas laut dibanding daratannya. Begitu besar proporsi penduduk kita yang tergantung hidupnya pada laut. Namun apakah saat ini laut sudah mampu memberikan kesejahteraan bagi bangsa kita? Khususnya masyarakat yang tinggal di pesisir.


Berikut data resmi terakhir yang didapatkan dengan penggunaan teknologi tinggi. Luas Indonesia secara keseluruhan adalah 8,3 juta km persegi dengan 17.504 pulau dan 108 ribu km panjang garis pantainya. Luas perairan adalah 6,4 juta km persegi. Lebih hebat lagi, dari total jumlah spesies ikan di seluruh dunia, 37% ada di perairan Indonesia. Ini adalah angka yang sangat besar. 

Mampukah kita memaksimalkan dan mengoptimalkan hasil dari potensi yang begitu banyak itu? Dari luasan laut itu, dihasilkan nilai ekspor perikanan total pada tahun 2019 sebesar 4,94 miliar dollar, naik dari hanya 3,95 miliar dollar di tahun 2015. Namun angka di tahun 2019 itu masih jauh dari target yang diharapkan yaitu 9,5 miliar dollar. Artinya hanya separuh yang berhasil direalisasikan dari target. 

Lebih jauh, ikuti analisis CNBC Indonesia di video di atas. Jangan sampai bangsa kita sengsara di tengah kekayaan alam yang begitu berlimpah ini. Kita gagal memanfaatkannya karena kompetensi yang kurang, kemauan politik yang lemah, korupsi yang masif, dll.

Sumber: CNBC Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar