Mengejar Tornado dari Jarak Dekat Bersama Para Tornado Chaser


Negara bagian Wyoming di Amerika Serikat memiliki rata-rata kemunculan 6 kali tornado per tahun. Ini memang salah satu tempat di dunia yang cukup sering disambangi angin puyuh skala besar. Video di atas direkam oleh para tornado chaser yang memang memiliki hobi mengejar tornado. Berbekal mobil dan kamera, mereka mendatangi tempat-tempat yang diperkirakan tornado akan muncul. Ada kebahagiaan tersendiri bagi mereka jika dapat berada begitu dekat dengan buruannya. Namun, para tornado chaser bisa juga adalah ilmuwan yang memang datang untuk mempelajari.

Ada beberapa film menarik tentang tornado, salah satunya adalah tentang tim ilmuwan yang mengejar tornado untuk meluncurkan alat penelitian mereka. Film tersebut adalah Twister (1996) yang cukup detail dan menarik menceritakan kehidupan unik para pemburu tornado ini. Nah, video amatir di atas juga memiliki banyak hal menarik untuk diambil pelajarannya. Kejadiannya di antara kota Ashby dan kota Dalton di negara bagian Wyoming (lihat peta di bawah).

Tornado sendiri adalah kolom pusaran udara yang berasal dari badai hujan di permukaan buki hingga ke lapisan awan yang tinggi. Pusaran angin yang keras ini bisa menghancurkan apapun di atas pemukaan yang dilewatinya. Kecepatan anginnya bisa mencapai 480 km per jam. Pusaran bisa terjadi saat udara hangat dari permukaan bumi naik, sementara udara tingin turun cepat akibat hujan. Situasi yang muncul bisa menyebabkan udara bergerak memutar makin lama makin cepat. Maka terjadilah tornado. Prinsipnya sama dengan hurricane, namun tornado terjadi di daratan, sementara hurricane di atas permukkan laut.

Di Indonesia, tidak ada tornado sebesar di tempat lain seperti Wyoming. Namun angin puyuh atau pusaran angin skala kecil dan menengah bisa terjadi di hampir semua tempat di negeri kita. Jadi, kita relatif aman dari bahaya bencana tornado yang merusak.


Source: Tanner Charles

Posting Komentar

0 Komentar