Kapal Perang dan Nelayan Cina Terus Masuk Perairan Natuna, Apa yang Mereka Cari?


Cina memang punya kecenderungan kurang fair dalam melakukan banyak hal. Termasuk dalam mendukung ambisinya untuk menguasai Laut Cina Selatan yang konon mengandung banyak mineral berharga di bawah lautnya. 

Cina mengklaim bahwa hampir semua perairan di Laut Cina Selatan, termasuk di perairan Natuna bagian utara adalah bagian dari wilayahnya. Klaim absurd yang dibuat sepihak atas cerita sejarah yang kurang jelas. 

Namun, walaupun demikian, Cina tetap saja ngotot mendesakkan klaim tersebut, dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan mengirimkan kapal-kapal nelayannya untuk menangkap ikan di perairan yang jelas-jelas masuk ke wilayah ZEE (Zona Ekonomi Eksklusif) milik Indonesia. Para nelayan itu dikawal oleh kapal-kapal Pengawal Pantai Cina. 

Kejadian seperti ini terus berulang. Jika kita lengah, kapal-kapal mereka akan masuk lagi. Diusir, pergi, nanti masuk lagi. Seperti permainan anak kecil, Cina memainkan strategi aneh dalam komunikasi hubungan internasional. Berikut video berita dari CNBS Indonesia yang ikut di salah satu KRI saat patroli dan bertemu kapal Cina di Laut Natuna Utara.

Yang sulit dimengerti, keserakahan Cina ini tidak hanya terjadi di Laut Cina Selatan, tetapi juga di perbatasan dengan Jepang, perbatasan mereka dengan Taiwan, di Afrika, di Asia Selatan dengan India. Semua menjadi konflik yang bisa meningkat menjadi panas dan mungkin saja perang. Bahkan Cina saat ini ngebut segera berangkat ke Mars, mungkin untuk segera mengklaim lahan di sana, sebelum yang lain berpikir ke arah itu. Entah apa yang ingin dicari Cina saat ini. 

Sumber: CNBC Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar