Cloud Kitchen Jadikan Pesan Antar Makanan Makin Hemat

Konsep cloud kitchen atau dapur kolektif, atau bisa juga disebut dapur satelit, semakin berkembang terutama di kota besar benua Asia. Dimotori 2 raksasa food delivery yaitu Grab dan Gojek, keberadaannya diyakini akan makin banyak lagi di kemudian hari. Konsep ini bisa banyak sekali memangkas biaya bagi semua pihak yang terlibat dalam bisnis jual-beli-antar makanan. Kini cloud kitchen semakin banyak dibuat di kota-kota besar Indonesia.


Konsep ini juga prinsipnya adalah menggunakan ruang kerja bersama atau coworking space yang dipakai bareng oleh beberapa pelaku industri kuliner. Lokasi ditempatkan di area yang paling banyak memiliki konsumen pemesan potensial. Pemilik resto tidak perlu menyewa ruang usaha mahal, pelanggan bisa memesan makanan dari beberapa vendor sekaligus, serta biaya antar yang murah karena lokasi cloud kitchen memang jadi dekat dengan sebagian besar pengguna jasa. Titik lokasi ini sudah ditentukan berdasar perhitungan data transaksi sebelumnya.

Grab hadir dengan nama Grab Kitchen, Gojek menggunakan nama Dapur Bersama Gofood. Kedua konsep hanya tersedia untuk pesan antar dan tidak untuk makan di tempat. Dengan kemudahan seperti ini, ada peluang bahwa volume bisnis pesan antar makanan ini akan makin besar lagi.

Sumber: CNN Indonesia.

Posting Komentar

0 Komentar