Canggihnya Trowulan, Pusat Kota Kerajaan Majapahit

Lebih dari 700 tahun yang lalu, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, adalah pusat peradaban Kerajaan Majapahit yang termasyhur. Pada saat bagian dunia lain masih tertinggal, Majapahit sudah terang benderang dengan kemajuan teknologi, budaya, dan militer.

Hingga saat ini, berbagai situs peninggalan Majapahit masih ditemukan utuh. Warisan berupa penataan kota dan strategi militer, menjadi inspirasi generasi demi generasi hingga ratusan tahun sesudahnya. Produk budaya dan sastranya masih bertahan hingga hari ini.

Majapahit adalah bagian penting sejarah Indonesia. Peninggalannya memberikan gambaran betapa jayanya kerajaan ini.

Wayang kulit yang masih bertahan di budaya Indonesia saat ini memiliki akar dari wayang beber Majapahit. Kitab Sutasoma karangan Mpu Prapanca bahkan menjadi inspirasi bagi perumusan dasar negara Pancasila.

Majapahit sendiri adalah suatu anomali. Sebagai kerajaan begitu besar dan kaya, namun hanya bertahan sekitar 200 tahun. Berdiri tahun 1293, Majapahit sudah benar-benar runtuh sebelum tahun 1500. Salah satu sebabnya adalah pertarungan perebutan kekuasaan yang terjadi berulang kali.

Majapahit yang tumbuh besar dalam waktu singkat tidak bisa dipisahkan dari bagaimana rajanya yang pertama yaitu Raden Wijaya membangun kotaraja atau ibukotanya di Trowulan. Kota yang saat jayanya berukuran sekitar 100 km persegi memang sangat ideal sebagai pusat kerajaan. Letaknya di dekat gunung, sumber airnya sangat bagus, dan tanahnya subur dan landai, dekat Sungai Brantas (sebagai jalur transportasi) menuju pelabuhan. 

Trowulan terbukti didesain dan dikelola dengan sistem yang canggih sebagai pusat pemerintahan, perdagangan, militer, pemukiman, dan peribadatan. Banyak prasasti menerangkan bahwa Trowulan dibangun dengan konsep anatomi kota yang ideal. Benteng yang mengelilingi kota, pola pemukiman yang diatur padat, pasar yang ada di dekat sungai, dan penempatan kraton sebagai pusat kehidupan warga, semua adalah bukti adanya protipe kota kerajaan Jawa.


Ikuti detail perjalanan Tim CNN Indonesia menelusuri jejak-jejak kejayaan Majapahit di Trowulan. Begitu kaya budaya Indonesia, mari kita jaga warisannya.

Sumber: CNN Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar